February 2021

Ushulussittah

Halaqah 17: Penjelasan Pokok Keempat Kitab Ushulussittah (Bagian 4)

Kemudian beliau mengatakan: وَيَزِيْدُهُ وُضُوْحًا مَا صَرَّحَتْ بِهِ السُّنَّةُ فِيْ هَذَا مِنَ الْكَلَامِ الْكَثِيْرِ الْبَيِّنِ الْوَاضِحِ لِلْعَامِّيِّ الْبَلِيْدِ Dan perkara ini menjadi jelas (yaitu) tentang masalah makna ilmu dan siapa ulamā. Menjadi jelas dengan apa yang datang didalam hadīts-hadīts Rasūlullāh shallallāhu ‘alayhi wa sallam yang dipahami oleh seorang yang bodoh sekalipun. ثُمَّ صَارَ هَذَا أَغْرَبَ […]

Ushulussittah

Halaqah 16: Penjelasan Pokok Keempat Kitab Ushulussittah (Bagian 3)

Kemudian beliau (rahimahullāh) mengatakan: وَبَيَانُ مَنْ تَشَبَّهَ بِهِمْ وَلَيْسَ مِنْهُمْ Dan penjelasan siapa orang yang menyerupai mereka (para ulamā), baik menyerupai pakaiannya (misalnya) atau menyerupai ucapannya atau menyerupai perilakunya, atau menyerupai karena mereka memiliki pengikut yang banyak. Padahal mereka bukan termasuk ulamā. Kata beliau ini perlu dijelaskan dan ini adalah termasuk perkara yang penting, menjelaskan

Ushulussittah

Halaqah 15: Penjelasan Pokok Keempat Kitab Ushulussittah (Bagian 2)

Demikian pula sabda Nabi shallallāhu ‘alayhi wa sallam: مَنْ يُرِدِ اللهُ بِهِ خَيْـرًا يُـفَـقِـهْهُ فِي الدِّيْنِ “Barangsiapa yang Allāh kehendaki kebaikan, maka Allāh Subhānahu wa Ta’āla akan menjadikannya dirinya faqīh (memahami) agamanya.” Barangsiapa yang Allāh kehendaki kebaikan kepada dirinya diinginkan oleh Allāh menjadi orang yang beruntung. Ciri-cirinya apa? ⇒ Allāh akan menjadikan dirinya memahami agamanya.

Ushulussittah

Halaqah 14: Penjelasan Pokok Keempat Kitab Ushulussittah (Bagian 1)

Beliau rahimahullāh mengatakan: اَلْأَصْلُ الرَّابِعُ : بَيَانُ الْعِلْمِ وَالْعُلَمَاءِ ، وَالْفِقْهِ وَالْفُقَهَاءِ ، وَبَيَانُ مَنْ تَشَبَّهَ بِهِمْ وَلَيْسَ مِنْهُمْ • Pokok yang keempat : Penjelasan makna dari ilmu dan para ulamā dan makna dari fiqih dan juga para fuqahā’ dan menjelaskan tentang orang-orang yang menyerupai mereka, padahal dia bukan termasuk ulamā dan bukan termasuk fuqahā’.

Ushulussittah

Halaqah 13: Penjelasan Pokok Ketiga Kitab Ushulussittah (Bagian 4)

Kemudian beliau (rahimahullāh) mengatakan: ثُمَّ صَارَ هَذَا الْأَصْلُ لَا يُعْرَفُ عِنْدَ أَكْثَرِ مَنْ يَدَّعِيْ الْعِلْمَ فَكَيْفَ الْعَمَلُ بِهْ Kemudian berlalulah masa, sehingga perkara ini tidak diketahui oleh sebagian besar orang yang mengaku berilmu, apalagi beramal dengan perkara ini. Dengan berlalunya waktu dan umat Islām tertimpa dengan kejāhilan dengan subhat, dengan syahwat sehingga perkara ini (yaitu)

Scroll to Top